Sebagai bagian dari upayanya memasyarakatkan televisi berbayar, Telkomvision kini memperkenalkan paket anyar melalui TV Voucher yang memungkinkan pelanggan menyaksikan siaran TV berbayar secara fleksibel seperti halnya menggunakan ponsel.
Melalui program TV Voucher ini Telkomvision ingin mengubah paradigma bahwa pay TV merupakan barang mewah yang hanya bisa dinikmati masyarakat kelas atas. Pelanggan TV Voucher Telkomvision nantinya bisa mengatur sendiri tayangan yang mereka tonton dengan harga relatif terjangkau.
"Kami bisa mengklaim sebagai penyedia TV Voucher pertama di Indonesia. Meski kami sebenarnya sudah pernah memperkenalkan program pre-paid untuk tayangan Telkomvision pada 2008 lalu, tapi baru saat ini kami serius menggarap proyek ini," jelas Direktur Utama Telkomvision Elvizar KH di Top Cafe Pluit, Rabu (20/7/2011).
"Dengan biaya minimal Rp20 ribu pelanggan sudah bisa menikmati berbagai siaran lokal dan mancanegara sesuai dengan voucher yang mereka ambil. TV Voucher akan menjadi andalan Telkomvision di masa mendatang karena kami bisa memperluas segmen pelanggan," tambah Elvizar.
Lebih lanjut, Elvizar menjelaskan bahwa sasaran utama program ini memang adalah pasar low-end (C, D). Namun tidak menutup kemungkinan masyarakat kelas A atau B juga menikmati program tersebut.
Pernyataan itu pun didukung oleh Direktur Sales & Marketing Gatot B. Haryono yang mengklaim bahwa pelanggan seharusnya memiliki kendali penuh untuk mengatur apa yang mereka tonton, serta berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk tayangan tersebut.
"Misalnya saja ketika mereka mudik atau pulang kampung. Mereka tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk berlangganan TV berbayar karena mereka toh hanya menginap beberapa hari di sana," jelasnya.
Telkomvision menawarkan 8 macam paket voucher yang bisa dinikmati pelanggan yaitu Film (Rp85 ribu), Olahraga (Rp75 ribu), Hemat (Rp60 ribu), Combo (Rp250 ribu), Pendidikan (Rp50 ribu), Pelangi (Rp40 ribu), Bintang (Rp50 ribu) dan Sportif (Rp140 ribu).
Dalam waktu dekat, Telkomvision juga akan mengeluarkan voucher dengan nominal Rp20 ribu.
Namun untuk menikmati program ini pelanggan harus memiliki perangkat baru dari Telkomvision berupa dekoder khusus dan parabola yang dibanderol dengan harga Rp678 ribu. Perangkat ini nantinya akan menjadi milik pelanggan.
Peluncuran TV Voucher ini merupakan salah satu upaya Telkomvision mencapai target 1 juta pelanggan di akhir 2011. Elvizar optimistis pihaknya bisa merengkuh 50 ribu pelanggan di bulan pertama program ini dirilis. Dia bahkan menargetkan bisa menggapai 100 ribu pelanggan dalam kurun 2 hingga 3 bulan ke depan. (tyo)